Kiamat

Mungkinkah ada waktu akhir bagi kelangsungan dunia ini? Jika dunia ini ada waktu permulaannya, maka pasti ada waktu penghabisannya. Bagi umat beragama yang mempercayai adanya Tuhan dan khususnya umat Islam mempercayai hari akhir sebagai bagian dari keimanan, adalah suatu kemestian akan terjadinya. Di dalam al-Qur’an banyak diuraikan tentang hari akhir dengan redaksi yang berbeda-beda. Di antaranya dengan sebutan yaum al-Ba’ts (hari kebangkitan), yaum al-Kiyamah (hari kiamat), yaum al-Fashl (hari pemisah antara pelaku kebaikan dan kejahatan), yaum al-Akhir (hari akhir) dan sebagainya. Kata al-yaum al-Akhir terulang 22 kali dan akhirat 115 kali, dan belum lagi padanannya.

Para Pengingkar hari Akhir

Hari kiamat adalah sesuatu yang ghaib, yang tak dapat dilihat dan dirasakan. Manusia mengetahuinya dari keterangan dalam al-Qur’an. Sebagai sesuatu yang belum terjadi, namun pasti akan terjadi. Oleh karena itu, banyak juga yang mengingkari dan menolak akan terjadinya hari akhir, baik orang-orang pada masa dahulu maupun masa sekarang. Sebagaimana disinggung oleh al-Qur’an.

QS al-An’am: 29 dan 31.

“Dan tentu mereka akan mengatakan (pula): “Hidup hanyalah kehidupan kita di dunia Ini saja, dan kita sekali-sekali tidak akan dibangkitkan”

“Sungguh Telah Rugilah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan tuhan; sehingga apabila kiamat datang kepada mereka dengan tiba-tiba, mereka berkata: “Alangkah besarnya penyesalan kami, terhadap kelalaian kami tentang kiamat itu!”, sambil mereka memikul dosa-dosa di atas punggungnya. Ingatlah, amat buruklah apa yang mereka pikul itu.”

Bukti-bukti Keniscayaan hari Akhir

Kehidupan dunia pasti berkesudahan. Dalam kehidupan saat ini banyak orang yang didhalimi oleh mereka yang berkuasa. Apakah yang mendhalimi akan dibiarkan saja tanpa hukuman dan apakah yang didhalimi akan dibiarkan tanpa mendapat keadilan? Darimana mereka akan mendapatkan keadilan yang hakiki? Tentu Yang maha Adil akan memberikan keadilan. Namun, kapankah hal itu terjadi? Jika tidak di dunia ini, tentu di hari nanti ketika Yang Maha Adil menggelar sidang keadilan yang sesungguhnya.

Hari akhir pasti datang. Namun Allah merahasiakan kapan waktunya tiba. Sebagaimana dinyatakan dalam QS Thaha: 85. (Q Shihab, h. 85)

“  Segungguhnya hari kiamat itu akan datang Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan.”

Telah dekat kepada manusia hari perhitungan (kiamat) sedangkan mereka berada dalam kelalaian, lagi berpaling (darinya).” (QS Al-Anbiya: 1)

Tanda-tanda hari Akhir (Kiamat)

Di antaranya akan muncul Dajjal dan Ya’juj (Gog) dan Ma’juj (Magog). Apa itu Dajjal? Ada yang menafsirkan bahwa Dajjal sesuatu yang memiliki sifat merusak dan hanya memandang dunia satu sudut pandang. Namun, mengenai Ya’juj dan Ma’juj, siapakah mereka di zaman modern sekarang ini? Sebab, antara zaman Dzulqarnaen hingga kini telah berlalu sekian abad. Bisa jadi, indikasinya adalah bangsa kuat yang memiliki kecanggihan senjata dan dapat membuat kerusakan di muka bumi, seperti banyak diulas oleh para peneliti. ( Imran Hosein)

Abdullah ibnu Umar berkata bahwa Rasulullah saw berdiri di tengah-tengah umat mereka, kemudian beliau memuji-muji Allah dalam yang patut sekali, lalu beliau menyebutkan tentang Dajjal dan bersabda: “Saya peringatkan kalian, dan tidaklah ada nabi yang tidak memperingatkan tentang masalah ini kepada umatnya. Nabi Nuh as memperingatkan umatnya, tetapi saya akan katakan tentang dia bahwa tidak ada Nabi selain dia yang telah menceritakan itu kepada umatnya. Kalian harus tahu bahwa Dajjal itu bermata satu, padahal Allah tidak bermata satu” (Shahih Bukhari dan Muslim)

Selain Dajjal, akan muncul Ya’juj dan Ma’juj.  Mereka akan keluar dari tempat yang tinggi jika pintu gerbang yang dibangun oleh Iskandar Zulqarnaen (bukan Alexander the Great) dapat terbuka dan berusaha untuk menguasai dunia.

“  Mereka berkata: “Hai Dzulkarnain, Sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj* itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, Maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?” (QS)

Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang Tinggi” (QS). (Ali Akbar, Israel dan Isyarat dalam kitab suci Al-Quran, h. 93, 120)

_______________________

(*Ya’juj dan Ma’juj ialah dua bangsa yang membuat kerusakan di muka bumi, sebagai yang telah dilakukan oleh bangsa Tartar dan Mongol)o

Lu’ay

Depok, 6 Nopember 2012

Tentang luaydpk

I try to write about history.....
Pos ini dipublikasikan di Akhirat, Aqidah, Islam dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Kiamat

  1. yisha berkata:

    moga yisha bisa baca sambungannyaaaaaa……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s