lessons from history

“Masa sebelum kita juga memerlukan perhatian khusus. Al-Qur’an memberikan pertimbangan khusus pada sejarah dan penuh dengan ayat-ayat terkait sejarah. Namun, sejarah yang dituturkan dalam Al-Qur’an tidaklah seperti yang kita ketahui, yaitu berupa analisis kronologis dan mendetail tentang peristiwa dan tokoh, kisah mendalam tentang masa-masa silam yang baik dan buruk. Sebaliknya, Al-Qur’an menggunakan sejarah sebagai panduan bagi berbagai kemungkinan yang akan dihadapi manusia pada masa depan. Al-Qur’an selalu menekankan pada pelajaran yang bisa ditarik dari kisah-kisah sejarah. Ayat indah pendek berikut ini di awal surat al-fajr  (Fajar) menjadi satu contoh bagus:

Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap kaum ‘Ad atau Iram, yang memiliki bangunan tinggi yang belum pernah dibangun seperti itu di negeri-negeri lain, dan kaum Tsamud yang memotong batu-batu besar di lembah, dan kaum Fir’aun yang kuat dan perkasa? Semuanya berbuat banyak kerusakan di negeri mereka. Karena itu, Tuhanmu menimpakan kepada mereka cemeti azab. Sungguh Tuhanmu benar-benar mengawasi. (QS al-fajr: 6-14)

Surat ini berlanjut membandingkan sejarah dengan sifat manusia. Tema utamanya adalah bagaimana kezaliman, keserakahan, dan cinta harta menghancurkan manusia, tempat-tempat, kebudayaan, dan peradaban.”  

Ziauddin Sardar

5-8-2022

(lessons from history
This letter continues to compare history with human nature. The main theme is how tyranny, greed, and love of wealth destroy people, places, cultures, and civilizations.)

Tentang luaydpk

on history..... "masa kini dan masa lampau akan muncul di masa depan..." ts eliot (the present and the past will appear in the future)
Pos ini dipublikasikan di Kata-Kata dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke lessons from history

  1. Umar Abdul Aziz Official berkata:

    Barakallahufiikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s