Linggarjati

Perundingan Linggarjati - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
wk

Linggarjati adalah suatu tempat di lereng gunung Ciremai, daerah Kuningan, Jawa Barat. Udaranya sejuk dan banyak pepohonan, serta dekat kawasan wisata.

Mengenai perundingan antara Indonesia dengan Belanda, yang disebut Perundingan Linggarjati. Perundingan ini sangat penting untuk mengakhiri kolonisasi Belanda di Indonesia. Perundingan ini diawali dengan perundingan gencatan senjata yang dilaksanakan di Konsulat Inggris. Setelah disepakati dan kemudian ditandatangani oleh RI, Belanda dan Inggris, pada tanggal 14 Oktober 1946.

Setelah terjadi kesepakatan gencatan senjata, lalu diadakan perundingan politik yang disebut sebagai Perundingan Linggarjati. Perundingan itu berlangsung sebanyak 11 kali. Perundingan politik pertama pada 22 Oktober 1946 sampai ke-4 dilaksanakan di Jakarta, perundingan ke-5 sampai ke-8 di Linggarjati, dan perundingan ke-9 hingga ke-11 dilakukan di Jakarta kembali. Termasuk perundingan informal 4 kali yang diadakan di Jakarta dan di Kuningan.

Yang hadir dari delegasi Belanda antara lain, Schermerhorn, van Voll, de Boer, van Mook, Maassen, dan Samkalden, sedangkan delegasi dari RI yang hadir di antaranya Sutan Syahrir, Mohammad Roem, Soesanto Tirtoprodjo, AK. Gani, Amir Sjarifuddin, Soedarsono, Leimena, dan A.G. Pringgodigdo. Sukarno-Hatta dilibatkan dalam perundingan ketika dilaksanakan di Kuningan.

Museum Perundingan Linggarjati/ wk

Perundingan itu berjalan cukup alot, sebab ada pasal yang tidak diterima oleh pihak Indonesia. Sukarno-Hatta terlibat dalam pertemuan informal. Di sinilah justru terjadi hal yang penting dan menentukan, karena Sukarno hadir dengan membuat terobosan dan mengambil keputusan, sehingga naskah perundingan Linggarjati dapat disepakati dan diterima pihak Indonesia. Setelah itu, tanggal 15 November 1946 Naskah Linggarjati diparaf, dan ditandatangani pada 25 Maret 1947.

Perundingan Linggarjati tersebut diawali pada tanggal 22 Oktober 1946 dan diakhiri pada tanggal 16 November 1946. Inilah perjuangan melalui jalan diplomasi antara Belanda dengan Republik Indonesia.

Cibinong, 1-20-2022

Sumber:

Rushdy Hoesein, Terobosan Sukarno dalam Perundingan Linggarjati, (2010).

Iklan

Tentang luaydpk

on history..... "masa kini dan masa lampau akan muncul di masa depan..." ts eliot (the present and the past will appear in the future)
Pos ini dipublikasikan di sejarah dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s