Bung Karno Menatap Masa Depan

“Indonesia akan bebas. Tentang soal ini, tentang halnya Indonesia akan merdeka, tentang halnya Indonesia akan lepas dari negeri Belanda di kelak kemudian hari, tentang soal ini bagi kami tidaklah teka-teki lagi. Tiadalah teka-teki pula akan bebasnya negeri kami itu bagi tiap-tiap manusia, baik bangsa Indonesia maupun bangsa Belanda, yang mau bertulus hati. Seluruh riwayat dunia, seluruh riwayat manusia yang berpuluh-puluh abad itu,  tidak ada menunjukkan satu rakyat terjajah selama-lamanya. Seluruh riwayat manusia itu malahan saban-saban kali menunjukkan jadi merdekanya rakyat-rakyat dan negeri-negeri yang tadinya terkungkung.” Bung Karno

11-11-2021

Kata-kata itu diucapkan Bung Karno di muka sidang di Bandung zaman kolonial Hindia Belanda, ketika Indonesia belum medeka. Bung Karno sebagai orang pergerakan karena kegiatan-kegiatannya ditangkap pihak penguasa kolonial yang dianggap menghasut rakyat. Pembelaannya itu dikenal dengan judul Indonesia Menggugat.

Tentang luaydpk

on history..... "masa kini dan masa lampau akan muncul di masa depan..." ts eliot (the present and the past will appear in the future)
Pos ini dipublikasikan di Kata-Kata dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s