Bahasa

edu

Manusia berkomunikasi dengan bahasa yang disepakati bersama. Semakin tua umur suatu bahasa maka semakin banyak kosa kata yang dimiliki dan bahasa yang lebih kemudian akan terpengaruh oleh bahasa yang lebih dulu ada, atau biasa disebut bahasa serapan atau kata serapan. Oleh karena itu semakin kaya suatu bangsa memiliki bahasa maka semakin tebal kamus bahasanya. Namun, setiap bangsa memiliki kekayaan bahasanya masing-masing sesuai lingukangan dan perkembangan budayaanya termasuk sejarahnya.

Ahli bahasa biasanya meneliti asal – usul suatu bahasa dan perkembangannya. Ada disebutkan rumpun bahasa. Sebut saja bahasa Arab. Bahasa ini biasa dipakai oleh masyarakat kawasan Arab, atau orang Barat dari posisi keberadaannya menyebut wilayah itu dengan Timur Tengah,. Pemakainya di antaranya negara Arab Saudi, Oman, Suriah, Yordania, Mesir dan sekitarnya. Dari segi sejarahnya antar kelompok bangsa di wilayah itu saling mempengaruhi dan menjadi rumpun bahasa, bahasa Arab termasuk rumpun Semit. Terdiri dari bahasa kesustraan, lisan dan tulisan. Dialek yang paling luas penggunaannya dialek Quraisy. Seperti juga bahasa Inggris dalam kawasan Eropa. Antara kosa kata Inggris dengan tetangganya ada kemiripan dari segi tulisan dan bunyi. Begitupun dengan bahasa Indonesia, yang pembentukannya lebih kemudian. Dalam bahasa Indonesia ada banyak kata serapan dari bahasa asing. Mana yang paling dominan itulah biasanya bahasa yang banyak digunakan.

Bangsa Indonesia memiliki bahasa nasional, yakni bahasa yang digunakan resmi semua warga, di samping puluhan bahkan ratusan bahasa daerah. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu lama. Mengapa Indonesia memiliki bahasa nasional relatif cepat? Sebab, ketika Belanda menjajah Indonesia kaum penjajah tidak mewajibkan bahasa penjajah yang dianggapnya kaum pribumi tidak layak menggunakan bahasa Belanda yang dikhususkan bagi kaum elit. Berbeda dengan penjajah Inggris, kaum pribuminya digalakkan menggunakan bahasa Inggris, di semua bekas jajahan Inggris bahasa Inggris digunakan dan ada yang menjadi bahasa nasional. Dengan begitu, maka bangsa Indonesia relatif cepat memiliki bahasa nasional setelah mencapai kemerdekaannya. Berbeda dengan beberapa negara lain.

Bahasa mengikuti sejarah perkembangan bangsanya. Semakin maju suatu bangsa maka perkembangan bahasanya pun akan semakin kaya, dan biasanya dalam bidang-bidang tertentu.

Orang yang memiliki kecerdasan dalam bahasa, akan mampu menguasai banyak bahasa, baik lisan maupun tulis, terutama jika peneliti atau penulis akan menggunakan referensi yang kaya.

11-9-2021

Sumber

Ensiklopedi Islam, (1994)

Dari berbagai sumber

Tentang luaydpk

on history..... "masa kini dan masa lampau akan muncul di masa depan..." ts eliot (the present and the past will appear in the future)
Pos ini dipublikasikan di bahasa dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Bahasa

  1. luaydpk berkata:

    we smile togethe thank you very much 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s