Prof. Mahmud Yunus

Prof. Mahmud Yunus: Penyusun Kurikulum PAI Sekolah Umum
bs

Ia lahir pada 10 Februarti 1899 di Sungayang, Tanah Datar, Minangkabau – meninggal di Jakarta 16 Januari 1982 . Ketika masih di kampung halaman ia belajar Al-Qur’an di bawah bimbingan Syeh M Thahir (Engku Gadang), dan belajar di sekolah desa dan meneruskan ke Madras School yang dibuka 4 November 1910. Dan tahun 1917  ia bersama teman-temannya mengajar di Madras School  dan menambah sistem belajar halaqah (belajar secara melingkar sekitar guru) di samping sistem madrasah dengan mengajarkan kitab-kitab mutakhir.

Pada bulan Maret 1923 ia menunaikan haji lewat Penang, Malaysia, dan ia melanjutkan belajar di  al-Azhar 1924 dan di Darul Ulum Ulya ,Cairo, sampai tahun 1930. Tahun itu juga setelah ia kembali ke Indonesia ia memperbarui sekolahnya dengan nama al-Jami’ah al-Islamiyah. Di samping di dunia pendidikan, ia juga pejuang yang mempertahankan Republik Indonesia.

Ia seorang tokoh yang berjasa memperjuangkan berdirinya PTAIN (Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri). Ia memperoleh Doktor honoraris causa dari IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Tahun 1961 ia menjabat Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta.

Ia banyak menulis di antaranya: Tafsir Al-Qur’an (30 juz); Kamus ArabIndonesia; dan Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta: ); sekitar 75 karya sudah ditulisnya.

Buku Sejarah Pendidikan Islam.. yang ia tulis membahas mengenai sejarah pendidikan Islam di Indonesia. Bermula dari Sumatera Barat, Minangkabau, dimana Syekh Burhanuddin pada tahun 1646 M berjasa. Pada masa awal ini pendidikan Islam mengalami perkembangan dan penyempurnaan.

Pada tahun 1900-1908 M pendidikan Islam terus mengalami perubahan sistem, dari sistem lama ke sistem baru. Lalu setelah tahun itu lahirlah madrasah-madrasah dengan sistem modern, seperti Adabiah School, hingga pendidikan Islam di zaman pendudukan Jepang 1942-1945.

Pada zaman kemerdekaan pendidikan Islam mengalami perkembangan yang terus berlanjut hingga muncul universitas Darul Hikmah tahun 1953 M. Dari Sumatera Barat, ke Jambi, Aceh dan Sumatera Utara.

Penulis mengulas perkembangan pendidikan Islam di pulau Jawa, bersamaan dengan masuknya Islam ke pulau Jawa dengan penyebar utama Wali Songo, sampai zaman kerajaan-kerajaan Islam, munculnya organisasi masyarakat Islam hingga zaman revolusi kemerdekaan. Juga dibahas selain di Sumatera dan Jawa, perkembangan pendidikan Islam di Indonesia bagian timur.

Cibinong, 1-9-2020

Sumber

  1. Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta)
  2. Hamka, Ayahku, (2018)
  3. Ensiklopedi Islam

Tentang luaydpk

on history.....
Pos ini dipublikasikan di Tokoh dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s