Al-Ayyam karya Taha Husein

photo1641_001

Al-Ayyam has translated into English, The Days. This book is story of his life. Taha Husein was a writer in Egypt.

“ …Jika engkau bertanya bagaimana ia berubah dari keadaan itu kepada keadaan ini saya tidak dapat menjawab. Disitu ada orang lain yang dapat menjawabnya, maka tanyalah kepadanya. Ia tentu akan memberi jawaban kepadamu!

Tahukah engkau siapa dia? Lihatlah kepadanya! Ia itu Malaikat yang menjaga pada tempat tidurmu, jika malam datang untuk menyambut malam dalam ketenangan dan tidur nyenyak. Ia menjaga di tempat tidurmu di waktu pagi untuk menyambut pagi hari dengan senang dan gembira. Bukankah engkau berhutang kepada Malaikat yang membuat engkau tenang di waktu malam dan gembira di waktu siang hari!

 Malaikat itu juga menjaga ayahmu ia mengubah yang tidak enak dengan yang enak, putus asa menjadi harapan, miskin menjadi kaya, penderitaan menjadi kebahagiaan dan kesucian.

Hutang ayahmu kepada Malaikat itu tidak lebih sedikit daripada hutangmu! Marilah kita saling tolong menolong wahai anakku untuk membayar kembali hutang itu, kamu berdua tentu akan mencapai apa yang kamu cita-citakan!”

_______

Cuplikan dari halaman terakhir terjemahn al-Ayyam oleh Prof. Tudjimah dengan judul Masa Muda di Mesir (Jakarta: Erlangga, 1967).

Al-Ayyam adalah kisah hidupnya sendiri yang ditulis berupa novel. Ia dikenal sebagai sastrawan pada zamannya di Mesir, terutama setelah ia pulang dari Perancis.  Ketika ia belajar disana ia bertemu dengan seorang wanita Prancis yang membantu membacakan naskah-naskah untuknya. Tahun 1917 akhirnya ia menikah dengannya dan dikaruniai dua orang anak, laki-laki dan perempuan.

 

Cibinong, 14-4-2020

Tentang luaydpk

on history.....
Pos ini dipublikasikan di Sastra dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Al-Ayyam karya Taha Husein

  1. wawaney berkata:

    Wah, ternyata ada edisi Indonesianya sejak dulu ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s