Rahmah El Yunusiyyah

Image result for rahmah el yunusiyyah

Rahmah lahir pada 29 Desember 1900 di Padang Panjang – wafat 26 februari 1969 di Padang Panjang, Sumatra Barat. Ia pendiri Perguruan Diniyah Putri Padang Panjang, yang muridnya tersebar di kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, dan kepulauan Anambas.

Secara formal pendidikan awalnya tidak tinggi, namun ia belajar pada tokoh semisal Dr. HA Karim Amrullah, Syekh Abdul Hamid dan Syekh Zainuddin Labay dan ulama-ulama lainnya. Selanjutnya ia belajar sendiri.

Dengan tekad dan dasar pendidikan agama Islam yang kuat Rahmah berjuang untuk kaumnya. Ia bercita-cita mengangkat derajat kaum perempuan melalui pendidikan. Pada 1 November 1923 didirikanlah Madrasatu lil Banat atau yang dikenal dengan Perguruan Diniyah Putri Padang Panjang. Ia terus berjuang membina sekolah yang didirikannya. Ia fengan kaum penjajah memilih jalan non kooperatif, karena itu ia menolak bantuan dari pemerintah Belanda. Begitupun ketika zaman pendudukan Jepang ia menentang kehadiran Jepang.

Dalam bidang politik ia tidak mau melibatkan perguruan, sebab menurutnya bila itu dilakukan berbahaya bagi kelangsungan perguruan tersebut. Pilihan politik biarlah urusan masing-masing individu. Namun, ketika memasuki zaman revolusi kemerdekaan ia juga ikut dalam perjuangan.

Sekolah yang didirkannya mendapat perhatian dari dunia Islam, seperti dari Al-Azhar di Mesir. Pada tahun 1955 Rektor Al-Azhar mengunjungi perguruan ini, dan ia sangat tertarik dan kagum terhadap perjuangan Rahmah. Ia ingin mengambil model Perguruan Diniyah Putri untuk di Al-Azhar, yakni Kuliyatul Banat. Negara-negara lain di Timur Tengah pun tertarik untuk mencontoh perguruan itu. Dari dalam negeri juga perguruan ini mendapat perhatian dari pemerintah.

Atas perjuangan Rahmah El Yunusiyyah dalam pendidikan putri, maka pada tahun 1956 ia diundang ke Al-Azhar dan ia diberi gelar kehormatan Syeikhah. Ia yang pertama kali yang mendapat gelar itu dari kaum perempuan.

Depok, 22 April 2015

lu’ay

Sumber tulisan
Taufik Abdullah dkk., Manusia Dalam Kemelut Sejarah, (Jakarta: LP3ES, 1994)., dan sumber lain.

Tentang luaydpk

I try to write about history.....
Pos ini dipublikasikan di Belajar, Pendidikan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Rahmah El Yunusiyyah

  1. luaydpk berkata:

    thank you all🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s