Surat Soekarno kepada Nehru (Soekarno sent a letter to Nehru)

Hatta menyusun memorandum yang disetujui oleh Sukarno dan Agus Salim. Surat itu dititipkan kepada penulis untuk disampaikan kepada Nehru. Dalam surat itu mereka memohon bantuan Nehru untuk menolong keadaan mereka guna melanjutkan perjuangan dan mempercayakan pada kecakapan Nehru untuk menggerakan opini dunia internasional.

Nehru menanggapi persoalan Indonesia dengan antusias. Ia memberikan bantuan berupa dukungan diplomatik dan materi. Nehru memberikan bantuan untuk Republik Indonesia tanpa memikirkan balasan dari Indonesia. Lalu pada minggu ketiga bulan Januari 1949 di New Delhi diadakan Konferensi Sembilan Belas Bangsa yang dipimpin oleh Nehru. Konferensi itu diadakan atas permintaan PM Birma, Thakin Nu. Konferensi itu diadakan guna membantu kemerdekaan Indonesia dari kolonialisme Belanda.

Siapa penulis itu? Adalah Shri PRS Mani, Lahir Februari 1915 di India. Ia menyelesaikan sarjana Muda pada fakultas Hukum Universitas Madras, India. Ia mengawali karirnya sebagai perwira penerangan tentara India, dalam jurnalistik, dan diplomatik. Ia menjadi koresponden perang di Indonesia untuk Free Press Journal of Bombay (India), juga untuk kantor berita Antara, pada masa Perang Dunia II.

Ia mencatat bahwa ketika itu Belanda melakukan serangan kembali. Catatannya itu ia bukukan. Buku ini adalah kesaksian seorang India ketika bertugas di Indonesia. Jejak Repolusi 1945: Sebuah Kesaksian Sejarah (Jakarta: Grafiti, 1989), terj.

Depok, 20-10-2013

Tentang luaydpk

I try to write about history.....
Pos ini dipublikasikan di Belajar Sejarah, Indonesia dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s