HEMAT

Kata orang, jangan pidato tentang hidup hemat kepada orang miskin! Mungkin lepih tepat ialah berilah nasehat kepada orang kaya agar hidup tidak boros. Benarkah hidup boros hanya menghinggapi orang kaya, dan tidak orang berpenghasilan pas-pasan? Hidup boros tidak hanya dilakukan orang kaya, tapi juga orang tak berpunya.  Begitu pun sebaliknya, hidup hemat tidak hanya dilakukan orang tak berada.

Jika seorang berpenghasilan besar lalu ia membeli apa saja dan menuruti keinginannya, maka ia termasuk boros dan terhinggapi gaya hidup konsumtif. Orang beruang pun bisa jatuh miskin,  jika terhempas pada kehidupan serba boros, tak terkendali. Apalagi ia yang memiliki penghasilan pas-pasan. Seseorang, dikatakan hemat, baik ia kaya atau miskin, jika membelanjakan uangnya sesuai dengan kebutuhan.

Kita mungkin pernah mendengar seorang penyanyi berpenghasilan besar, jika diukur dengan rata-rata di negeri ini, namun ia jatuh terjerat hutang yang cukup besar.  Untuk melunasinya ia menjual barang-barangnya yang ia miliki. Seandainya, ia sedikit hemat, ia membelanjakan penghasilannya sesuai dengan kebutuhannya dan tidak berpoya-poya, bisa jadi ia tidak terperosok hutang.

Jika kita renungkan, ternyata hemat itu bukan hanya untuk gaya hidup. Kata hemat dapat diterapkan pada banyak hal. Misalnya, ia hemat dalam berkata-kata, menghemat tenaga, dan sebagainya. Namun, semua itu mengandung pengertian, menggunakan sesuatu sesuai dengan kebutuhan.

Gaya hidup hemat dapat dilakukan oleh siapa saja, petani, pedagang, pejabat besar atau kecil, orang besar atau orang kecil, presiden atau pegawai dan sebagainya. Juga kebalikan dari kata hemat  bisa pula dilakukan oleh petani atau pejabat.

Hematlah dalam menggunakan sesuatu baik berupa benda maupun non benda, abstrak.

Depok, 20-11-2-11

luay

Tentang luaydpk

I try to write about history.....
Pos ini dipublikasikan di Jiwa dan tag . Tandai permalink.

4 Balasan ke HEMAT

  1. yisha berkata:

    hmmmmm,. pening bacanyaaaaaa………. 😦

  2. zasseka berkata:

    Hemat, musuh terbesarku.😀
    Sip mas bro!! Lanjutkan!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s