HUGO, VISUAL YANG MEMUKAU

 Film ini diangkat dari novel Brian Selznick berjudul The Invention of Hugo Cabret. Yang menjadi sutradara film ini adalah Martin Scorsese, yang dikanal dengan film berkualitas dan bukan hal baru mendapatkan penghargaan di ajang Oscar. Walaupun Scorsese pembuat film non komersial bukan berarti ia gagal dalam pemasaran film-filmnya.

Dalam film Hugo ini sang sutradara melibatkan aktor dan aktris terkenal di antaranya, Ben Kingsley, Jude Law, Sacha Baron Cohen, dan Chloe Grace Moretz. Pelaku utama Hugo diperankan oleh aktor yang masih muda,  Asa Butterfield.

* * *

Kisah dalam film ini bermula di kota Paris sekitar tahun 1930, seorang bocah bernama Hugo Cabret (Asa Butterfield) harus tinggal sendirian di atap stasiun. Karena ayahnya (Jude Law)  , seorang pembuat jam telah meninggal dunia. Hugo harus tinggal dan diasuh oleh pamannya, Paman Claude (Ray Winstone) yang pemabuk. Sialnya pamannya entah pergi ke mana, dan Hugo untuk bertahan hidup menjadi pencuri.

Tidak hanya mencuri makanan Hugo pun sering mencuri alat-alat mekanik dari toko mainan Georges Melies (Ben Kingsley). Hal itu ia lakukan untuk memperbaiki sebuah automaton (sejenis robot berbentuk manusia) yang diwariskan ayahnya kepadanya.

Suatu ketika sang pemilik toko mainan menangkapnya. Sebagai hukuman atas perbuatan mencuri yang kerap dilakukannya Georges menyita catatan berisi rumus-rumus mekanik milik anak itu.

Untuk mendapatkan catatan tersebut Hugo meminta bantuan anak angkat Georges, Isabelle (Chloe Grace Moretz). Dengan catatan itu     ia   berharap dapat meperbaiki automaton dan  mencari kunci berbentuk hati untuk menghidupkannya.

Perjuangan Hugo dihalangi juga oleh inspektur stasiun (Sacha Baron Cohen) yang memngejarnya untuk dimasukan ke panti asuhan.  Ia yakin, sang ayah memiliki pesan tersembunyi dalam automaton itu.

* * *

Proyek film Hugo ini menghabiskan biaya US$170 juta. Namun, biaya besar tersebut terbayar lunas dengan hasil karya sang sutradara Scorsese yang memukau, dengan alur kisah dan karakterisasi yang tegas . Lewat film Hugo sang sutradara legendaris mampu melukiskan kota Paris secara detail dengan efek visual yang mengesankan.

Wajar jika film ini mendapat  11 nominasi Oscar dengan kemenangan pada kategori, di antaranya, terutama efek visual.L d

Depok, 14 April 2012

Tentang luaydpk

I try to write about history.....
Pos ini dipublikasikan di film dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s