Syekh Al-Ghazali tentang Iman

“Iman adalah pengetahuan yang telah mencapai derajat keyakinan, atau pengetahuan yang dibarengi dengan kepastian. Anda percaya akan adanya kota Kairo, maka ini menyiratkan dua makna. Pertama, kepercayaan aqli: Anda tahu akan keberadaan kota tersebut. Kedua, kepercayaan qalbi: pengetahuan Anda tentangnya tidak menyisakan keraguan.

Iman kepada Allah juga mencakup dua hal sekaligus. Pertama, yang sifatnya teoritis. Kedua, yang sifatnya spiritual. Anda beriman kepada Allah, itu artinya Anda mengetahui-Nya. Dan pengetahuan Anda tentang-Nya tidak sedikitpun diwarnai keraguan atau syak wasangka. Bahkann hati Anda dipenuhi dengan keyakinan akan wujud Yang Mahatinggi itu.

Kadar iman dalam jiwa bertingkat-tingkat tergantung kadar pengetahuan dan keyakinan. Ada orang-orang yang sangat tinggi pengetahuannya, dan ada yang sangat kuat keyakinannya. Yang jelas, karena iman terdiri dari pengetahuan dan keyakinan, maka pengetahuan itu terlebih dahulu harus benar. Percuma saja ada keyakinan, bila ternyata pengetahuannya salah.

Ternyata, ada manusia yang tidak mengatahui Allah, ada juga yang mengatahui-Nya, tetapi dengan sangat rancu. Kelompok pertama adalah  orang-orang komunis, eksistensialis, dan ateis lainnya. Kelompok kedua adalah kaum musyrik.”

Syekh Muhammad al-Ghazali, (h. 22-23)

Iklan

Tentang luaydpk

on history..... "masa kini dan masa lampau akan muncul di masa depan..." ts eliot (the present and the past will appear in the future)
Pos ini dipublikasikan di Aqidah dan tag , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Syekh Al-Ghazali tentang Iman

  1. bmaster23 berkata:

    mantab gann
    mau tau cara buat aplikasi android dengan isi blog kita : http://bmaster23.wordpress.com/2012/03/31/buat-aplikasi-android-sendiri-dengan-isi-blog-pribadi/

  2. dian pratama berkata:

    Anda juga penggemar Tung Desem toh..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s