GAYA HIDUP SEHAT dengan Makanan Sehat

organic fruitsMakanan dalam Al-Quran disebut tha’am. Kata tha’am terdapat 48 kali disebut, seperti dikatakan mufassir. Makanan menempati posisi yang penting, sebab manusia dalam kehidupan tak dapat dilepaskan dari makanan. Dengan makanan manusia dapat beraktifitas, karena ia memiliki energi. Namun seiring perjalanan waktu makanan yang dikonsumsi manusia semakin bervariasi dan banyak makanan yang terkontaminasi (tercemar) zat berbahaya. Hal itu akibat ulah manusia sendiri dalam memenuhi gaya hidupnya.

Dalam bercocok tanam manusia saat ini kerap menggunakan pupuk dan zat pengusir hama yang berbahaya. Hasil panen yang dikonsumsi manusia nantinya akan menumpuk dalam tubuh dan menimbulkan penyakit. Belum lagi makanan hasil olahan. Bahkan hewani, seperti ayam potong dan telur, agar perkembangannya cepat dengan hormon.

Segala apa yang ada di muka bumi disediakan Allah untuk manusia. Namun, manusia harus memilih dan memilah makanan yang layak dan sehat baginya. Yakni makanan yang halal lagi baik. Sebab, tidak semua makanan halal itu baik bagi kesehatan manusia.

Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu seluruhnya (QS Al-Baqarah: 29)

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; Karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. (QS Al-Baqarah: 168).

Menurut  Quraish makanan dalam Al-Quran terbagi menjadi tiga kategori pokok: 1, makanan nabati; 2, makanan hewani, yang hidup di laut dan di darat; 3, makanan olahan.

Berkaitan dengan binatang sembelihan terdapat cara untuk menjadikannya halal dikonsumsi manusia. Seorang muslim ketika akan menyembelih binatang harus mengucapkan nama Allah. Jika ia tidak menyebut nama-Nya, maka binatang sembelihan tersebut haram dimakan.

Mengapa demikian?

Menurut Syekh Yusuf Qardhawi, dalam “Hikmah Menyebut Asma’ Allah Waktu Menyembelih”

Perintah untuk menyebut asma’ Allah ketika menyembelih terkandung rahasia yang halus sekali, yang kiranya perlu untuk direnungkan dan diperhatikan:

  1. Ditinjau dari segi perbedaannya dengan orang musyrik. Bahwa orang-orang musyrik dan orang-orang jahiliah selalu menyebut nama-nama tuhan dan berhala mereka ketika menyembelih. Kalau orang-orang musyrik berbuat demikian, mengapa orang mu’min tidak menyebut nama Tuhannya?
  2. Segi kedua, yaitu bahwa binatang dan manusia sama-sama makhluk Allah yang hidup dan bernyawa. Oleh karena itu mengapa manusia akan mentang-mentang begitu saja mencabutnya binatang tersebut, tanpa minta izin kepada penciptanya yang juga mencipta seluruh isi bumi ini? Justru itu menyebut asma’ Allah di sini merupakan suatu pemberitahuan izin Allah, yang seolah-olah manusia itu mengatakan: Aku berbuat ini bukan karena untuk memusuhi makhluk Allah, bukan pula untuk merendahkannya, tetapi adalah justru dengan nama Allah kami sembelih binatang itu dan dengan nama Allah juga kami berburu dan dengan namaNya juga kami makan.

Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya[*]. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. (QS Al-Baqarah: 121).

Makanan berpengaruh terhadap kesehatan dan pertumbuhan manusia. Jika makanan tidak bergizi yang dikonsumsi manusia, maka kesehatan dan pertumbuhannya akan terganggu.

Mengapa binatang dan makanan tertentu diharamkan? Dalam Islam ada beberapa binatang yang diharamkan. Fuqaha memberikan ketentuan mana binatang yang termasuk diharamkan dan dihalalkan.

Makanan Alternatif

Makanan alternatif yang menyehatkan tubuh adalah makanan organik. Makanan sejenis ini dalam proses penanaman hingga pemetikan tidak tercemar oleh polusi, limbah dll., sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Hiromi Shinya satu orang yang merekomendasikan makanan sejenis itu, The Enzyme Factor.*

Lu’ay

Depok, 20-3-2012

 

[*]  yaitu dengan menyebut nama selain Allah.

Sumber Rujukan

Quraish Shihab, Membumikan Al-Quran, (Mizan:Bandung, 1991)

Syekh Yusuf Qardhawi, Halal Haram dalam Islam, (P al-Kautsar: Jakarta, )

Tentang luaydpk

I try to write about history.....
Pos ini dipublikasikan di makanan sehat dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s