ASAH KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN ANDA!

Pemimpin adalah mereka yang dapat menularkan, mendorong, dan menggerakkan orang lain untuk bertindak atas kehendak sendiri demi mencapai tujuan yang telah disepakati. Tampaknya definisi itu akan terus berlaku sepanjang masa.

Berikut adalah kiat yang dapat dilaksanakan untuk menjadi pemimpin yang efektif berdasarkan definisi tersebut.

§  Temukan gaya kepemimpinan Anda sendiri, terlepas dari apa yang direkomendasikan orang lain. Proses pencarian dapat dimulai dengan kisah hidup Anda. Coba renungkan dan ambil makna dari kejadian-kejadian dalam perjalanan hidup Anda. Jadikan hal tersebut sebagai bahan pembelajaran untuk gaya kepemimpinan Anda.

§  Jadilah individu yang penuh integritas. Untuk melakukan hal yang baik memang seringkali melelahkan, tapi bila itu harga yang harus dibayar untuk mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak, lakukanlah.

§  Akui dan bertanggungjawablah atas keputusan yang telah diambil. Yang membedakan pemimpin dan pengikut adalah keberanian mengambil keputusan berdasarkan informasi yang cukup dan pertimbangan yang matang dalam mencermati risiko.

§  Bangunlah hubungan kerja yang baik dengan berbagai pihak. Pahami bahwa setiap orang mempunyai kebutuhan personal (yang merupakan tujuan terjadinya interaksi). Penuhi kedua kebutuhan tersebut dengan pendekatan yang tepat dan sistematis. Dalam rangka memenuhi kebutuhan personal orang lain, percayalah bahwa menunjukkan empati bukan perilaku yang ‘lemah’ atau ‘halus’. Alih-alih menunjukkan keterampilan dan pengetahuan, yang bisa jadi dipandang sebagai intimidasi. Dengarkan pendapat dan libatkan orang lain di saat-saat yang tepat.

§  Berikan masukan dan umpan balik secara spesifik dan tepat waktu. Tidak hanya pada saat anak buah memerlukan perbaikan, terutama pada saat mereka mencapai atau melebihi target yang sudah ditetapkan bersama.

§  Cobalah Anda berperan aktif dalam proses pengembangan karyawan. Pengembangan tidak hanya sebatas dalam mengirimkan mereka ke pelatihan, tapi juga termasuk memberikan bimbingan, baik secara proaktif maupun reaktif.

§  Doronglah anak buah untuk bertanggung jawab atas segala keputusan dan tindakan mereka. Untuk itu, dukunglah anak buah dengan memberikan berbagai informasi, sarana, dan sumber daya yang dibutuhkan selengkap-lengkapnya. Usahakan untuk tidak mengambil alih pekerjaan atau tanggung jawab atas tugas mereka.  Aditia Sudarto (DDI Consultant)

Tentang luaydpk

I try to write about history.....
Pos ini dipublikasikan di Aktualisasi, Belajar, Pengembangan Diri dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s