Dari Kerajaan ke Republik

bcc

Sebelum adanya negara yang kemudian disebut Indonesia adalah suatu masyarakat dengan budayanya, dan termasuk sejarahnya yang unik.

Negara Indonesia muncul atau lahir melalui proses yang cukup lama melalui berbagai jalan berliku dan bahkan berdarah-darah serta korban jiwa.

Semula kepulauan Nusantara ini dihuni oleh berbagai negara kerajaan merdeka, yang satu dengan kerajaan lainnya saling bersaing dan bahkan berperang. Saat masih zaman kerajaan Hindu-Budha para penjajah belum datang. Ketika kerajaan-kerajaan Islam mulai muncul, berkuasa dan berkembang orang-orang Eropa datang, yang mula-mula memonopoli ekonomi (VOC) dan kemudian memerangi kerajaan-kerajaan itu dan mengadu domba satu dengan lainnya. Saat itu belum ada kesatuan dalam melawan kaum penjajah.

Mulai kerajaan Islam Aceh di ujung Sumatra hingga Goa di wilayah timur melawan penjajah Eropa. Para pahlawan Muslim gugur dan digantikan oleh yang lainnya.

Dalam situasi itulah para pendatang asing dari Eropa silih berganti untuk mencari bahan mentah dan tenaga murah, dengan merampok dan memperbudak penduduknya serta mereka menyebarkan mitos-mitos tentang kaum pribumi yang perlu dididik menurut budaya dan agama mereka (Eropa). Mereka juga merasa bahwa ras mereka sebagai ras tinggi dibanding kaum kaum pribumi yang berkulit berwarna. Para perampok bule itu mengadu domba antarkelompok bangsa Indonesia. Tentu saja dalam perjuangan bangsa tidak sepi dari para pengkhianat yang menjual bangsanya untuk kaum penjajah.

Ketika VOC bangkrut, lalu dimulailah sekitar abad ke-18 kolonisasi Belanda dengan pemerintahan Hindia Belanda dan pusat kekuasaan di Batavia dengan pimpinan gubernur Jenderal. Kaum penjajah Belanda, memiliki banyak akal bulus untuk mengelabui dan menutupi niat busuk mereka dalam menjajah. Oleh karena itu para pemimpin bangsa banyak mempelajari karakter dan kelicikan mereka, bukan hanya strategi perang senjata juga mereka menggunakan kecerdasan pikiran.

Para pemimpin bangsa bukan hanya mereka yang berjuang ketika pra 1945 dan setelahnya, namun jauh sebelum itu juga banyak pemimpin bangsa yang berjuang, silih berganti, dengan berbagai peran.

Dari tahun ke tahun situasi semakin memburuk. Beberapa orang pergerakan mulai berpikir dan muncul kesadaran untuk membangun bangsa sendiri yang bebas dari penindasan. Setelah ide merdeka digaungkan dan menjadi kesadaran bersama dan sepakat untuk merdeka, maka lahirlah Indonesia. Proklamasi tanggal 17 Agustus 1945 itu hanya puncak dari perjuangan yang panjang yang dilakukan kaum pribumi, kaum Muslim Indonesia dan semua elemen bangsa.

Dari revolusi Indonesia itu tentu saja muncul para pengkhianat. Mereka ini orientasinya mendukung penjajah asing dan baru mau mengakui Indonesia dan bergabung dengannya jika ada peluang menang dan mendapatkan keuntungan (para oportunis).

Indonesia lahir atas kesepakatan bersama untuk merdeka. Wilayahnya adalah bekas wilayah jajahan Belanda. (Baca Wawasan Nusantara)

Setelah merdeka, para pendiri bangsa masih harus memikirkan mengenai bagaimana bentuk negara yang akan dilaksanakan. Oleh karena itu terjadi perdebatan di antara mereka dengan berbagai aliran pemikiran politik. (Herbert Feith & Lance Castles, Ed., 1995) Setelah perdebatan yang panjang maka bersepakatlah mereka membentuk negara kesatuan, Republik Indonesia. (Ini hanya kilas sejarah bangsa Indonesia yang panjang, tanpa menelisik detail-detail kisah para pejuangnya, seperti kita memandang hutan dari ketinggian tertentu tanpa melihat jenis pohon-pohonnya).

Generasi penerusnya harus mengingat jasa-jasa mereka dengan berusaha merealisasikan cita-cita para pejuang dan pendiri bangsa yang tertuang dalam konstitusi. Inilah kesadaran sejarah yang mesti terus dipupuk agar tidak tercerabut dari akar sejarah bangsa.

…….

Cibinong, 24-11-2011

Bacaan lebih Jauh:

  1. Ricklef, Sejarah Modern Indonesia, (2004), terj.
  2. Hamka, Sejarah Umat Islam, (Dpk)

Tentang luaydpk

on history..... "masa kini dan masa lampau akan muncul di masa depan..." ts eliot (the present and the past will appear in the future)
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s