SEVEN KINDS OF SMART

Menemukan dan meningkatkan kecerdasan berdasarkan teori Multiple Intelligence

Kita membahas kecerdasan ganda (Multiple Intelligence) yang dapat kita temukan pada semua kehidupan. Atlet, seniman, musisi, kaum eksekutif, teolog, konselor, tenaga penjualan, guru, montir, arsitek dan sebagainya.

1. KECERDASAN LINGUISTIK

Adalah Kecerdasan dalam  mengolah kata.

Orang yang cerdas dalam bidang ini dapat berargumentasi, meyakinkan orang, menghibur, atau mengajar dengan efektif lewat kata-kata yang diucapkannya.

Ini merupakan kecerdasan para jurnalis, juru cerita,sastrawan, penyair, dan pengacara. Seperti Khalil Gibran, Chairil Anwar, Gunawan Muhamad, Rendra, dll.

2. LOGIS-MATEMATIS

Adalah kecerdasan dalam hal angka dan logika.

Ini merupakan kecerdasan para ilmuwan, akuntan dan pemrogram computer. Ia mempunyai ciri dalam kemampuan penalaran, mengurutkan, berpikir sebab-akibat, hipotesis, konseptual atau bersifat rasional. Seperti Einstein, Habibie, Bill Gates, dll.

3. KECERDASAN SPASIAL

Keecerdasan ini mencakup berpikir dalam gambar, kemampuan untuk mencerap, mengubah, dan menciptakan kembali berbagai aspek dunia visual-spasial.

Kecerdasan ini terdapat pada arsitek, insinyur, fotografer, artis, pilot dan insinyur mesin. Seperti Thomas Edison, Picasso, Affandi, dll.

4. KECERDASAN MUSIKAL

Ciri utamanya adalah kemampuan untuk mencerap, menghargai, dan menciptakan irama dan melodi.

Ia dimiliki orang peka nada, dapat menyanyikan lagu dg tepat, dapat mengikuti irama musik, dan mendengarkan berbagai karya musik dengan tajam, seperti Bach, Beethoven, Brahms, Imail Marzuki, Wr Supratman, Gesang, dll.

5. KINESTETIK-JASMANI

Adalah kecedsasan fisik. Ciri utamanya adalah bakat dalam mengendalikan gerak tubuh dan keterampilan dalam menangani benda.

Yang mempunyai kecerdasan tingkat tinggi seperti ini atlet, pengrajin, montir dan ahli bedah. Seperti, Rudi Hartono, Iwan Tirta, dll.

6. KECRDASAN ANTARPRIBADI

Adalah kecerdasan untuk memahami dan bekerja sama dengan orang lain. Ia mampu mencerap dan tanggap terhadap suasana hati, perangai, niat, dan hasrat orang lain.

Mereka mempunyai kemampuan untuk memahami orang lain dan melihat dunia dari sudut pandang orang yang bersangkutan. Ia dapat menjadi netwoker, perunding dan guru yang ulung.

7. KECR. INTRAPRIBADI

Adalah kecerdasan dalam diri sendiri. Orang seperti ini mudah mengakses perasaannya sendiri, membedakan berbagai macam keadaan emosi, dan menggunakan pemahamannya sendiri untuk memperkaya dan membimbing hidupnya.

Contoh orang yang mempunyai kecerdasan ini, yaitu konselor, ahli teologi, dan wirausahawan.

 

Ingatlah meskipun Anda merasa cocok dengan salah satu atau dua definisi di atas, sebenarnya Anda mempunyai semua kecerdasan itu.
Setiap manusia normal dapat mengembangkan ketujuh jenis kemampuan sampai ke tingkat penguasaan tertentu.
Dikutip dari bukunya Thomas Armstrong, PHD

Tentang luaydpk

I try to write about history.....
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan Anak, Pendidikan holistik dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s