Aktualisasi Diri

Aktualisasi diri? Maknanya adalah mengoptimalkan seluruh potensi dalam berbagai kegiatan yang positif. Kata psikolog Abraham Maslow, puncak dari kebutuhan seseorang adalah kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri.

Apakah Anda sesorang yang sudah mengaktualisasikan diri atau belum? Dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini Anda akan menemukan jawabannya.

Pada kolom di bawah isilah dengan:

1= sangat tidak mengggambarkan dirimu

2= tidak menggambarkan dirimu

3= cukup menggambarkan dirimu

4= sangat menggambarkan dirimu

 

No

P e r t a n y a a n

1 2 3 4
1.

 

2.

 

3.

4.

5.

 

6.

7.

 

8.

 

9.

10.

 

11.

12.

 

13.

14.

15.

16.

 

17.

18.

 

19.

20.

21.

22.

 

23.

 

24.

25.

26.

27.

 

28.

 

29.

 

30.

Saya merasa cukup bahagia dengan kegiatan yang saya kerjakan sehari-hari.

Bila dimungkinkan, saya berharap dilahirkan kembali dengan lebih banyak kelebihan daripada sekarang.

Saya orang yang spontan.

Saya adalah orang yang cukup menyenangkan.

Bila dihadapkan dengan maslah saya memusatkan perhatian untuk memikirkan pemecahannya.

Saya ragu-ragu saat harus memilih atau melakukan sesuatu.

Saya memiliki cita-cita yang berusaha saya wujudkan melalui kegiatan-kegiatan saya sekarang.

Meski senang bersama orang lain, namun ada saat dimana saya ingin melakukan sesuatu sendirian.

Saya merasakan sangat bahagia saat lulus ujian.

Saya menjadi emosional, sedih, marah atau bingung jika dihadapkan dengan masalah.

Saya memiliki beberapa kegiatan yang cukup berarti bagi saya.

Saya dapat mengatakan tidak pada teman yang mengajak jalan-jalan, jika saya harus mengerjakan hal lain yang lebih penting.

Saya dapat menghargai keindahan karya-karya seni.

Saya mudah terbawa dengan pergaulan dengan teman-teman saya.

Saya merasa terpesona dan bahagia saat melihat keindahan alam.

Saya tersentuh melihat penderitaan korban tsunami di Aceh dan lain sebagainya.

Saya menentukan sendiri hal-hal yang ingin saya lakukan.

Saya suka meledek teman atau menjadikan kekurangannya sebagai bahan lelucon.

Saya suka mengikuti kegiatan-kegiatan sosial.

Keluarga saya cukup terbuka dan dekat satu sama lain.

Saya berusaha tidak melakukan hal-hal yang dilarang agama.

Saya dapat menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan pandangan saya.

Saya senang membuat humor yang menygarkan tanpa menyakitkan perasaan teman.

Saya memiliki beberapa teman dekat sebagai tempat curahan hati.

Saya orang yang kreatif.

Saya suka sekali mengikuti berita terbaru, apapun itu.

Saya mengagumi teman-teman yang memiliki prestasi di berbagai bidang.

Saya dapat menemuka pemecahan masalah/ solusi yang tidak terpikirkan oleh orang lain.

Saya dapat menerima bahwa kenyataan hidup terkadang memang tidak selalu sesuai dengan harapan.

Meski banyak hal baru di lingkungan, saya memilih hal-hal yang sesuai dengan prinsip hidup saya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hitung dengan cara:

  • A= Hitung skormu pada nomor: 2,6,10,18, dan 26.
  • B= Hitung skormu pada 25 nomor lain selain lima nomor di atas.
  • Kurangi hasil B dengan hasil A. (B-A), maka inilah skormu.

Arti skor:

80-70:  Oke! Cukup tinggi skormu. Kamu saat ini telah mengaktualisasikanpotensimu dan memiliki beberapa ciri orang teraktualisasikan. Tapi jangan puas sampai di sini, teruslah, akan ada lagi tantangan-tantangan untukmu dan potensimu. Jadi tetaplah menjadi orang kreatif, inovatif dan mempunyai kepedulian pada masyarakat.

50-69:  Boleh juga skormu. Tapi akan lebih baik lagi kalau kamu lebih terbuka pada berbagai pengalaman, teman dan tantangan baru agar apa yang telah kamu miliki lebih terasah. Tidak boleh tergantung pada orang lain, namun jangan lupa pula untuk menjalin persahabatan.

20-49:  Cobalah untuyk lebih menerima apa yang telah Allah berikan padamu. Asahlah berbagai kemampuanmu, dan jangan takut mencoba agar kamu tahu di mana posisimu. Pikirkan, tuliskan, dan lakukan kamu ingin menjadi apa nanti. Agar kamu lebih termotivasi untuk melakukan hal-hal yang berarti bagi dirimu. Terbukalah dengan orang-orang di dekatmu, yang dapat kamu percaya, sehingga kamu bisa berhubungan dengan lebih hangat dengan orang lain.

Tentang luaydpk

I try to write about history.....
Pos ini dipublikasikan di Aktualisasi, Belajar, diskusi, Psikologi dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

