BAGAIMANA BERSIKAP PADA ANAK AGAR ANAK BERSIKAP BAIK

 Sumber dari buku Sal Severe

10 PRINSIP YANG HARUS DIPRAKTEKAN

  1. Berilah imbalan bagi perilaku yang baik, bukan bagi kenakalan. Tonjolkan permintaan-permintaan yang sopan, bukan rengekan, rayuan, dan amukan. Usahakan diskusi yang tenang, bukan perbantahan dan perebutan kekuasaan.

 

  1. Berpikirlah sebelum bicara. Katakanlah yang Anda maksudkan . Maksudkanlah sungguh-sungguh apa yang Anda katakana.  Tindaklanjuti-lah . Buat tanda-tanda yang mudah dilihat untuk mengingatkan Anda. Pujilah diri Anda sendiri bila berhasil bersikap konsisten.

 

  1. Harapkanlah perilaku yang baik dari anak-anak Anda. Anak-anak harus tahu apa yang Anda harapkan dari mereka dan apa yang mereka bisa harapkan dari Anda. Bila anak-anak dapat membayangkan cara Anda berperilaku menghadapi situasi-situasi tertentu, mereka akan membuat keputusan-keputusan yang lebih baik.

 

  1. Anak-anak percaya pada apa yang Anda katakana kepada mereka. Latihlah anak-anak Anda cara-cara untuk membuat dirinya sukses. Ajarilah anak-anak Anda bahwa berusaha keras sangat penting untuk membuatnya sukses.  Berilah mereka dorongan. Bila Anda mendorong anak-anak Anda, mereka akan melihat bahwa Anda punya kepercayaan dan keyakinan pada mereka. Dorongan akan membantu anak-anak Anda untuk menghadapi setiap situasi dengan lebih yakin.

 

  1. Antisipasi masalah yang akan timbul. Katakan kepada mereka aturan-aturannya sebelumnya. Rincilah. Bersikaplah wajar. Sekali Anda mengenali sebuah pola kenakalan, tentukan sebuah rencana. Sorotilah setiap kemajuan. Berilah dukungan dan dorongan. Gunakan diagram dan kontrak untuk memperkuat rencana Anda.

 

  1. Gunakan hukuman-hukuman yang mengajarkan pengambilan keputusan dan tanggung jawab. Anak-anak mampu menanggung hukuman-hukuman yang masuk akal, seperti pembatasan dan penyetrapan. Jangan menghukum kalau Anda sedang marah. Jangan menghukum untuk balas dendam. Hubungkanlah hukuman dengan keputusan-keputusan  anak Anda.

 

  1. Mulailah mengajarkan tanggung jawab dan pengambilan keputusan saat anak-anak Anda masih kecil. Persiapkanlah anak-anak Anda untuk hidup di dunia nyata. Bersikaplah tegas tapi positif. Anak-anak butuh batas dan struktur. Anak-anak butuh aturan-aturan dasar. Mereka butuh konsistensi. Anak-anak melihat sifat ini sebagai ungkapan kasih sayang dan perhatian Anda.

 

  1. Sayangilah anak-anak Anda tak peduli bagaimana perilaku mereka. Pusatkan perhatian pada sifat-sifat positif mereka. Ajarilah anak-anak Anda untuk untuk memberi imbalan pada dirinya sendiri—untuk merasa nyaman melakukan hal yang baik. Carilah keputusan-keputusan mereka yang pantas dipuji. Ajarilah anak-anak Anda untuk menyukaidiri mereka sendiri. Ajarilah mereka untuk memahami kelemahan-kelemahan mereka dan menerima kesalahan-kesalahan mereka. Gunakan diri Anda sendiri sebagai contoh. Mereka akan menerima kekurangan-kekurangan mereka dari orang lain. Ini akan membuat kelemahan-kelemahan mereka berkurang kekuatannya dalam kehidupan mereka.

 

  1. Dukunglah diri Anda sendiri bahkan bila ada orang lain yang duduk mengadili Anda. Jangan biarkan anak-anak membuat Anda marah. Teguhkan hati Anda. Kendalikan perilaku Anda sendiri supaya menjadi contoh yang bagus. Anak-anak belajar dari Anda.

 

  1. Buat suasana keluarga yang sehat dan menyenangkan. Tekankan kelebihan masing-masing anggota keluarga. Terimalah kelemahan-kelemahannya. Bicarakan tentang nilai-nilai dan tujuan-tujuan hidup. Anak-anak Anda akan belajar untuk datang kepada Anda menceritakan masalah-masalahnya. Ini akan sangat berguna saat mereka menjadi remaja.

 

 

             enjadi orang tua yang sukses memang membutuhkan kerja keras. Menghasilkan anak-anak yang bertingkah baik membutuhkan keberanian dan kesabaran. Percayalah pada diri Anda sendiri. Anda tahu apa yang terbaik bagi anak-anak Anda. Pusatkan perhatian pada masalah-masalah yang nyata: kesehatan mental, kebahagiaan, harga diri, dan kasih kepada orang lain. (hlm. 269)

Tentang luaydpk

I try to write about history.....
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan Anak dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s