Terampil Menulis

Image result for menjadi penulis

“If you don’t have the time to read,
you don’t have the time or the tools to write”. Stephen  King
“Dengan menulis umur Anda akan menjadi panjang ” Anonim

Menulis adalah sebuah keterampilan. Semua orang dapat mengasah keterampilan menulis ini. Mengapa harus diasah? Sebab menulis adalah sebuah proses yang terus menerus, seperti juga berbicara. Jika kita melihat perenang, bagaimana ia bisa berenang? Ia terus berlatih berenang. Sebab jika ia diam, maka ia akan tenggelam. Begitu pula menulis, jika seseorang ingin bisa menulis ia harus banyak latihan. Jika ia diam, ia akan tenggelam bersama tumpukan kertas.

Ada keinginan dan dilanjutkan dengan suatu aksi. Dengan aksi menulis akan terlihat hasil tulisan dan dengan terus beraksi akan membuat hasil menjadi lebih baik lagi, dan terus tidak ada kata akhir.

Tentu seseorang pernah menulis surat, diary atau catatan harian. Jika surat-surat itu terkumpul banyak, maka surat-surat itu dapat dijadkan buku. Seperti diary juga catatan harian bila sudah terkumpul banyak dapat pula dijadikan buku. Mulai dari yang sederhana sampai ke tulisan yang ilmiah atau hasil penelitian.

Sebuh buku diawali dengan halaman pertama. Satu halaman terdiri dari beberapa alinea, alinea terdiri dari beberapa kalimat yang berisi banyak kata. Rangkaian kata itu tertata rapih mengikuti logika bahasa tulis, karena terus disusun dan diedit, sehingga pembaca menjadi mudah mengunyah isi tulisan tersebut.

Bagaimana memulai menulis? Menulislah seperti orang berbicara. Jika kita melihat kucing, maka kita dapat melukiskannya dengan kata-kata mulai dari bentuknya, tingkahnya kepintarannya dan sebagainya. Apa yang akan ditojolkan dari seekor kucing? Itulah yang menjadi fokus bahasan, dari sesuatu yang kongkrit sampai tentang yang abstrak (gagasan atau pikiran).

Apa tujuan menulis? Tujuan seseorang bisa jadi agar ia mampu menuangkan ide-idenya, mendapatkan penghasilan dari tulisannya, atau yang lainnya. Apapun tujuan menulis, menuliskan ide atau pengalaman adalah suatu usaha untuk menorehkan jejak. Jika ia sudah tiada ia masih dapat dibaca oleh orang lain, yang masih hidup.

Bentuk tulisan tidak hanya satu, namun ada banyak bentuk tulisan. Dari berbagai macam bentuk tulisan kita dapat memilih salah satunya. Untuk mengetahui berbagai bentuk tulisan kita dapat membaca di koran, majalah atau buku-buku tertentu.

Pada koran harian dapat kita baca artikel atau opini, pada majalah seperti kolom atau artikel, koran Minggu menampilkan sastra berupa cerita pendek dan puisi, juga banyak buku yang diterbitkan berupa kumpulan surat, catatan harian, kolom, artikel, tulisan ilmiah dan sebagainya.

“Mengarang itu gampang, karena bisa dipelajari. Semua [orang] bisa mempelajari asal bisa baca dan tulis dan mempunyai minat yang terus-menerus yang tak mudah patah. Yang terakhir inilah yang dimaksudkan dengan bakat”.    Arswendo Atmowiloto

Depok, 8 November 2011

luay

Bacaan Lebih Jauh –     Seandainya Saya Wartawan …, ed. Bambang Bujono dan Torik Hadad (Jakarta: ISAI dan YAT, 1997) –     Arswendo Atmowiloto, Mengarang itu Gampang, (Jakarta: Gm, 1987) –     Ahmad Bahar, Kiat Sukses: Meraih Penghasilan dari Media Massa, (Yogyakarta: Pena Cendikia, 1996) –     Eka Budianta, Menggerbrak Dunia Mengarang, (Jakarta: Puspa Swara, 1992)

Tentang luaydpk

I try to write about history.....
Pos ini dipublikasikan di Penulis, Tulis-Menulis dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s