Setan: Musuh Abadi

Sesungguhnya setan itu adalah  musuh langgeng (terus-menerus) yang nyata bagi manusia”. (Al-Isra’ : 53)

Iblis, sebagai bapak moyangnya setan, ketika itu telah melakukan tipu daya terhadap Adam dan pasangannya. Mereka berdua tergoda ,dan terusir dari surga ke alam dunia. Lalu Allah mengutuk  setan itu.  Maka ia berjanji akan selalu mengganggu manusia dalam kehidupannya hingga hari kiamat nanti (QS 17: 53). Kerena  itu Allah menyuruh kepada hamba-Nya agar selalu memohon perlindungan dari gangguan setan. Ketika kita memulai aktivitas kita dianjurkan mengucapkan: “A’udzu billahi minasysyaithaani rajiim (Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk) ”. Sebagaimana dalam firman-Nya. “Dan jika setan mengganggumu dengan satu gangguan (berupa nazgh), maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.( QS Fushshilat: 36)

Dengan mengucapkan kalimat itu maka kita akan terhindar dari gangguan setan. Setan akan mengganggu manusia, terutama yang lengah dari mengingat Allah dengan berbagai cara. Ia mempunyai kemampun teknik mengganggu manusia yang sangat canggih. Sehingga obyek yang diganggunya tidak merasa, karena sangat halusnya.

Di samping itu, ia mempunyai sifat-sifat buruk seperti, menakut-nakuti dan memerintahkan kepada kekejian (QS 2: 268), merasuk ke diri manusia dan menjadikannya tak tahu arah (QS 2: 257), terkutuk (QS 3: 36), menyesatkan manusia (QS 4: 38), mengakibatkan kerugian yang nyata (QS 4: 119), hanya menjanjikan tipuan (QS 4: 120), merusak hubungan antarsaudara (QS 12: 100), mengingkari janji (14: 22), memanjangkan angan-angan (QS 47: 25), durhaka (QS 4: 117), mengajar sihir (QS 2: 102), dan menghasut manusia untuk berbuat maksiat (QS 19: 83), dan sebaginya.

Karena sifat-sifat buruk setan itulah, maka Allah SWT dalam al-Qur’an selalu mengingatkan manusia, bahwa setan adalah musuh yang nyata bagi manusia ( ‘aduwwu mubiin ) (QS Yusuf: 5).

Memang setan juga sebangsa jin dan malaikat adalah makhluk ghaib (tak dapat dilihat oleh mata/ dirasa panca indera) yang harus kita imani keberadaannya. Manusia tidak dapat melakukan penelitian terhadapnya seperti terhadap makhluk biologis di laboratorium. Kita hanya dapat mengetahui keberadaannya, kecuali dari informasi Sang Pencipta makhluk melalui wahyu al-Qur’an.  Tanpa membaca kitab suci ini kita hanya menduga-duga saja yang jauh dari kebenaran.

Walaupun setan mempunyai ‘kelebihan’ dalam mengganggu dan menggoda manusia, namun sesungguhnya ia memiliki kelemahan. ”Sesungguhnya tipu daya setan itu adalah lemah” (QS an-Nisa: 76) bagi orang yang selalu mengingat Allah, dan menjauhi sifat-sifat setan.  Dan “Ketahuilah, bahwa sesungguhnya golongan setan itulah golongan yang merugi”. (QS al-Mujadalah: 19)

Kita pun sebagai manusia harus mengingat akan kelemahan kita berupa iri dengki, angkuh, tamak, amarah, ketergesaan, dsb. yang membuat setan mudah menggoda manusia. Karena itu kita harus waspada dan menjauhi sifat-sifat buruk itu. Dan solusi yang terbaik agar terhindar dari gangguannya adalah dengan mengingat apa yang difirmankan Allah dalam Al-Qur’an, “Dan jika ditimpa sesuatu godaan setan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS Al-A’raf: 200).Wallahu a’lam bishawwab.

Rujukan

Quraish Shihab, Wawasan Al-Quran (Bandung:Mizan)

___________, Yang Tersembunyi, (Jkt:)

@

                                                                                                      Depok, 4/11/2007

                                                                                      luay-Peminat sejarah

Tentang luaydpk

I try to write about history.....
Pos ini dipublikasikan di Ghaib, Islam dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s