Netherland

Bangsa Belanda pada sekitar abad ke-16 sampai awal abad ke-20 melanglang buana mencari bahan-bahan mentah di berbagai wilayah, termasuk di Asia. Sampailah mereka di kepulauan Nusantara dengan mendarat di pelabuhan Banten dengan VOC. Setelah VOC bangkrut pada abad ke-18 baru mereka melakukan penjajahan terhadap wilayah Nusantara, dengan nama pemerintahan jajahan Hindia Belanda.

Hasil dari monopoli dagang dan penjajahan untuk membangun negeri ini. Negeri ini menjadi lebih maju. Sementara negeri jajahan mengalami penderitaan dan kelaparan.Atas kepedihan nasib bangsa maka kaum muda seperti Bung Karno, Bung Hatta, Syahrir, Agus Salim, dan sebagainya bangkit melawan kaum penjajah. Itulah hubungan historis antara Indonesia dengan Belanda.

Negeri¬† Belanda ini berada di benua Eropa. Negeri ini menjadi maju dan wilayahnya bersih. Small is beautiful. Negeri bekas jajahan seakan menjadi tempat “sampah” mereka. Walaupun negeri ini termasuk negeri yang maju dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, namun masyarakatnya menyadari bahwa dampak dari pesatnya industri yang mereka kembangkan sendiri adalah pencemaran.

Lihatlah mereka lebih suka menggunakan kendaraan, yang kita anggap sebagai kuno, namun mereka menggunakan untuk berbagai keperluan, bukan hanya ke pasar juga untuk keperluan belajar. Sepeda onthel, menyehatkan bagi penggunanya dan membuat lingkungan tidak tercemar.

Lu’ay

19 Juli 2011

Tentang luaydpk

I try to write about history.....
Pos ini dipublikasikan di jalan-jalan, lingkungan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s